Sabtu, 19 Oktober 2013

Bahan Ajar IPS





Horizontal Scroll: BUKU SISWA
 





IPS UNTUK SD/MI



Mengenal permasalahan sosial di daerahnya




Oval: Kelas IV Semester 2
 


Bb






Bahan ajar
Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
Masalah-masalah kependudukan
Masyarakat yang tinggal atau mendiami suatu wilayah tertentu disebut penduduk. Jumlah penduduk yang mendiami suatu wilayah menentukan padat tidaknya di wilayah tersebut. Kita akan membahas beberapa masalah kependudukan yang terjadi di negara kita.masalah-masalah yang terjadi di Indonesia antara lain persebaran penduduk yang tidak merata, jumlah penduduk yang begitu besar, pertumbuhan penduduk yang tinggi, rendahnya kualitas penduduk, rendahnya pendapatan perkapita, tingginya tingkat ketergantungan, dan kepadatan penduduk
Faktor-faktor yang mempengaruhi masalah kependudukan:
Persebaran penduduk yang tidak merata.
Wilayah negara kita sangat luas. Penduduk yang tinggal di negara kita tidak merata.ada daerah yang sangat padat, namun ada daerah yang sangat jarang penduduknya. Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta sangat padat. Menurut sensus tahun 2000, setiap satu kilometer persegi didiami lebih dari dua belas ribu orang. Ini sangat berbeda dengan Provinsi Kalimantan Barat. Di sana hanya ada 27 orang yang mendiami wilayah seluas satu kilometer persegi.  
Jumlah penduduk yang begitu besar.
Jumlah penduduk Indonesia sangat banyak. Indonesia menduduki urytan ke empat negara terbanyak jumlah penduduk setelah china, India, dan Amerika Serikat. Jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk tahun 2000 adalah 205,8 juta jiwa.
Pertumbuhan penduduk yang tinggi
Jumlah penduduk Indonesia sudah sangat banyak. Jumlah ini akan terus bertambah karena pertumbuhan jumlah penduduk juga tinggi. Hal ini disebabkan oleh angka kelahiran lebih tinggi dibandingkan dengan angka kematian.
Kualitas penduduk
Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Ini mempengaruhi kualitas atau mutu penduduk indonesia. Masyarakat indonesia kurang memiliki keahliandan keterampilan dalam bekerja. Akibatnya, masyarakat mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan yang bagus.
Rendahnya pendapatan
Pendapatan perkapita artinya rata-rata pendapatan penduduk setiap tahun. Pendapatan perkapita penduduk Indonesia masih rendah. Rendahnya pendapatan per kapita berkaitan erat dengan banyaknya masyarakat miskin.
Tingginya tingkat ketergantungan
Penduduk yang tidak bekerja disebut penduduk yang tidak produktif. Biasanya penduduk yang tidak bekerja adalah yang telah berusia lanjut atau masih anak-anak dan remaja. Mereka ini disebut usia non produktif. Penduduk nonproduktif menggantungkan hidupnya pada penduduk produktif (bekerja). Karena usia nonproduktif tinggi, maka tingkat ketergantungan di Indonesia cukup tinggi.
Kepadatan penduduk
Beberapa kota besar di Indonesia sangat padat. Tingginya kepadatan penduduk menyebabkan masalah-masalah sosial seperti pengangguran, kemiskinan, rendahnya pelayanan kesehatan, meningkatnya tingkat kejahatan, pemukiman kumuh, lingkungan tempat tinggal yang tidak sehat, dan sebagainya.

Image:dgr.JPG
Pemerintah terus berupaya mengatasi masalah-masalah kependudukan diatas. Upaya yang sudah dijalankan pemerintah, antara lain sebagai berikut:
  1. Menekan laju pertumbuhan penduduk melalui program keluarga berencana.
  2. Melaksanakan program transmigrasi.
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan
  4. Membuka lapangan kerja sebanyak mungkin dan sebagainya

Pengangguran
Banyaknya pengangguran merupakan masalah sosial. Semua orang membutuhkan makan, minum, pakaian serta tempat tinggal. Kebutuhan tersebut merupakan kebutuhan pokok. Jika tidak mempunyai pekerjaan yang dapat mencukupi kebutuhan menjadi masalah dalam masyarakat.
Gambar pengamen yang mengadakan aksinya di dalam bus

Pengangguran menimbulkan masalah baru, yaitu kejahatan. Masyarakat membutuhkan kehidupan yang aman, tenteram dan tertib. Untuk itulah kalian harus belajar dengan rajin agar menjadi anak yang cerdas, terampil, dan berbudi pekerti yang baik. Jika kita memiliki keahlian dan keterampilan tentu dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Dengan demikian, dapat mencukupi kebutuhan hidup serta menolong orang lain.

Yatim Piatu dan Orang Jompo
Masalah sosial lainnya adalah anak-anak yatim piatu dan orang tua renta. Mereka tidak memiliki saudara dan tempat tinggal. Panti asuhan dan panti jompo berguna untuk meringankan beban mereka. Uluran tangan orang-orang mampu sangat membantu. Adakah kegiatan sosial di sekolahmu? Apa bentuknya dan bagaimana caranya?
Orang yang sudah tua usianya, ingatannya sudah menurun. Kebutuhan dan kesehatannya juga menurun. Orang yang jompo tidak dapat mencari makan sendiri. Hal itu merupakan masalah sosial yang perlu sangat diperhatikan dan mendapat pemecahan.


Semuanya menyangkut hidup manusia sehingga penanganannya bersifat kemanusiaan.

Sampah
Masalah sampah dapat menjadi masalah sosial. Coba bayangkan jika sampah rumah tangga dibiarkan saja tanpa dibersihkan. Tentunya akan merusak pemandangan kota. Selain itu dapat menimbulkan bau tidak sedap. Masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya mendorong kondisi tersebut. Jika kalian perhatikan banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan tanpa rasa bersalah. Mungkin tanpa sadar kalian pun pernah melakukannya
Image:dam muara.JPG

Tindak Kejahatan
Contoh tindak kejahatan adalah pencurian, perampokan, penjambretan, pencopetan,
pemalakan, korupsi, pembunuhan dan penculikan. Banyaknya tindak kjahatan menciptakan rasa tidak aman. Perampokan dan penodongan sering terjadi di kota besar dengan menggunakan senjata api. Di desa pun sering terjadi pencurian,  misalnya ada yang mencuri ternak, hasil pertanian dan sebagainya.
Image:maling nyuri.JPG
Penyalahgunaan narkoba dan alkohol
Penyalahgunaan narkoba menjadi masalah sosial yang sangat serius. Pemakai narkoba akan kecanduan. Zat-zat itu perlahan-lahan merusak tubuh pemakainya. Banyaknya peredaran narkoba dan penyalahgunaan narkoba sangat meresahkan. Negara kita memiliki hukum yang sangat keras, yang mengatur peredaran narkoba. Siapa yang berani mengedarkan narkoba jenis apapun akan dihukum sangat berat. Mereka yang menggunakannya pun bisa dihukum. Demikian juga penggunaan alkohol. Agama telah melarang umatnya untuk mengkonsumsi alkohol.negara kita juga memiliki undang-undang yang melarang penjualan alkohol di sembarang tempat. Meskipun demikian, masih ada banyak orang yang menyalahgunakan alkohol. Kamu tahu apa yang terjadi kalau orang terlalu banyak minum alkohol? Orang itu akan mabuk. Dalam keadaan mabuk orang bisamelakukan apa saja, termasuk kejahatan. Keadaan ini tentu akan mengganggu ketertiban masyarakat..
Image:polisi grebek.JPG



Tidak ada komentar:

Posting Komentar